TITIK.KOMA,

Masih ingat pelajaran bahasa indonesia  tentang dua tanda baca ini? Masih ingat kah? hee,,saya yakin sebagian besar akan mengangguk. Dapat dimaklumi, sepertinya dua tanda baca ini tidak akan pernah ketinggalan dalam dunia tulis menulis. bahkan ketika berbicara pun kita menggunakan sifat dari dua tanda baca ini  berhenti dan jeda. Begitulah dan saya menganggap enteng tanda baca ini bahkan sering kali saya gunakan asal-asalan. maksudnya, terkadang saya suka memotong kalimat panjang dengan menggunakan titik. memulai kalimat baru. atau malah ketika sedang mood memanjangkan kalimat, tanda titik saya tukar dengan koma sehingga kalimat terkesan rumit (hehe). ya, tidak salah memang. Bisa saja.

 

Malam itu adalah malam terakhir sebelum esoknya adalah sidang hasil skripsi saya. Karena sesuatu dan lain hal, saya baru memulai membuat presentasi power point jam 23.00. Sidang esok pagi jam 07.00

 

Seperti biasa adrenaline rush membuat saya bersiaga dengan mata terang benderang meski tak sempat diistirahatkan disiang nya. Lalu mulai lah, slide demi slide,  sampai akhirnya giliran si statistik. Ya, saya memutuskan untuk membuat chart untuk menggambarkan karakteristik repondennya. Biar gampang dibaca gitu mikirnya.  Berbekal pelajaran komputer tentang membuat chart di Ppt semasa di SMA, mulailah saya memasukkan angka-angka. Setelah diproses ternyata gagal. Takut ada yang salah input, saya ulang lagi dan…gagal lagi. Saya berhenti. Bingung. Mencoba berkali-kali dan gagal lagi. Ya gagal dalam arti yang sesungguhnya , Chart ny tidak pernah berhasil seperti yang diinginkan.

 

Hmm..Melihat jam dinding yang semakin mendekati jam 00.00, saya mulai cemas. Akhirnya  saya teringat untuk meminta bantuan arahan dan instruksi dari seorang senior berbakat di bidang ini (menurut hemat saya,hehe). Lalu akhirnya dengan membuang rasa malu dan segan karena mengganggu selarut itu, saya memencet tombol call dan..alhamdulillah tersambung. Sang senior baik hati pun segera memberi arahan dengan kata-kata mukaddimah yang panjang, saya yang sedang dimabuk adrenalin tak sabar sampai dengan tidak sopan berkata “Anda bisa atau tidak?”hee, tentunya dengan bahasa yg informal tapi bernada sama, geram (padahal butuh,hehe,afwan2)akhirnya 1 jam kami berkomunikasi bak  penemu bom dengan pager di tangan yang sedang serius mengikuti intruksi penjinak bom nun jauh disana. Hasilnya tetap nihil. berkali-kali dan…still…chartnya tak bisa tampil dengan selamat sentosa. Padahal sang senior di depan PC di kosnya juga melakukan hal yang sama denan cara yang sesuai dengan instruksinya dan brhasil sedangkan saya tidak. Apa yang salah…?  Desperate dan hampir saja bendungan  lakrimal itu jebol. Namun di detik2 sebelum itu terjadi  tiba-tiba sang senior meminta untuk mengulang kembali sesuai dengan instruksi nya. Lalu beliau mengeja DUA TITIK TIGA untuk 2,3 yang ada di data. Dan…bisa ya Allah…Alhamdulillah. 

 

Ya itulah point salahnya, power point yang di link kan ke excell mengenal titik sebagai koma. ya dan harga mati mana boleh ditukar dengan koma. Lega.Malu, ketika sang senior dengan lugasnya nyeletuk ” Anak IPA masa’ gak tau klo koma itu titik” hee, apa hubungan ya,.

 

Malam itu, akhirnya tersadarkan. Sebagian kumpulan angka butuh titik. Kumpulan lainnya butuh koma. Kalaulah salah menuliskan, salah menempatkan maka sudah beda maknanya. Bahkan ada yang menjadi tidak bermakna, gagal makna.

Kehidupan. sepertinya begitu juga ya. Ada saat nya kita istirahat sejenak ntuk menghela nafas saja, lalu bergeak kembali. Ada juga masa-masa dimana kita harus berhenti sampai disitu saja. Cukup .

*Ketika manisnya scriptsweet dan kisah-kisahnya harus ditulis, diikat biar tambah nikmat syukurnya

my beloved blue town, februari rain 2012

spesial 4 my beloved sisters, akhirnya di update juga kan,hehe

 

One thought on “TITIK.KOMA,

Wanna say something?? Tafadhdhol :)

