Menunggu Adzan

Bismillah,,Wah..sudah lama tak menulis, hari ini nak berbagi sedikit perkara adzan dan menunggu. Menunggu adzan.🙂

 ***

  • Menunggu adzan yang paling sering dilakukan adalah saat menunggu adzan Maghrib, di bulan Ramadhan🙂. Bagi yang mengakhirkan sahur, plus dah adzan Subuh. Ya tak,,hehe
  • Menunggu adzan tentu saja tak seperti aktivitas menunggu menunggu lainnya. Ragam rasa saat menunggu “yang lainnya”, harap-harap cemas, takut tak datang, membosankan, atau malah menggelisahkan, makanya perihal menunggu yang lain, jika tak pasti dan kelamaan usahlah menunggu. Dan menunggu adzan tentu tak begitu.
  • Menunggu adzan itu menenangkan jiwa, sebuah perasaan penuh kesadaran untuk menemui Tuhannya, bersiap berehat dari urusan dunia yang memampatkan ruh dan badan.
  • Menunggu adzan adalah bagian dari ikhtiar menuju sholat khusyuk, bersiap memberi jeda peralihan dunia dan bertemu Rabb nya.
  • Kendati ada istilah masbuk dalam sholat jamaah atau larangan untuk berlari mengejar sholat jamaah tapi tetap saja menunggu adzan tentu lebih utama. 
  • Menunggu adzan akan berikan kesempatan untuk menyimak adzan dari awal hingga akhir, hingga bisa menjawab panggilan adzan perkalimat, hingga bisa tengadahkan tangan berdoa sesudah adzan, hingga bisa bermunajat meraih masa-masa emas maqbulnya doa antara adzan dan iqamah. Banyak hal-hal sunat yang bisa dikerjakan ketika menunggu adzan, sholat tahiyatul mesjid, tilawah dl..
  • Menunggu adzan tentulah Allah kan hargai karna jelas tak akan sama yang menunggu waktu dan ontime dengan yang tergesa-gesa karena terlambat.

 Wallahu’alam.

***

NtMS, untuk diri sendiri yang saat kumandang adzan sering saja masih berkeliaran sibuk dengan dunia nyata, dunia maya atau dunia lain semisal alam mimpi.

*inspired by celoteh saudari selingkaran tentang sholat khusyuk dan menunggu adzan.

 Medan, in the end of flushing April, 2013.

Wanna say something?? Tafadhdhol :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s