Taraweh dan Sajadah

Ramadhan 1437 H adalah Ramadhan pertama di perantauan pulau seberang. Ternyata memang benar, dimana saja di penjuru bumi ini adalah miliknya Allah, tidak perlu takut, orang-orang nya, hamba Allah,  meski berasal dari suku dan etnik yang berbeda tetap saja pada akhirnya memberi kesan baik di diri saya yang dulu sempat saya curigai menganut paham chauvinisme alias sukuisme yang melebihi kadarnya😀.

Setiap taraweh saya termasuk orang yang sangat menghindari prilaku ribet, alahay bilang ajae males fiit hehe. Saya lebih memilih membawa  tangan kosong dan melenggang ke masjid dengan full atribut mukena dari rumah. Kenapa begitu? Biar gak perlu menenteng mukena plus sajadah dan harus memilih pakaian yang layak pakai ke masjid. Jadilah saya dibonceng suami ke masjid dengan penampakan sedikit ribet (oleh orang yang melihat :p), berhati-hati takut kibaran mukena masuk ke roda, hee. Perihal sajadah apalagi, lagi-lagi pikiran simpel saya berkelebat, di masjid kan bersih, udah digelar karpet yang bersih lah ngapain bawa sajadah, pertama ribet, kedua saya takut lupa dan meninggalkan sajadah saya tercecer dimana-mana (lebay) :P)

Dan apa yang terjadi setelah saya sampai di masjid, sejak malam pertama sampai malam ke 20 saya akhirnya selalu bersujud di atas sajadah, kenapa bisa. Karena selalu saja ada ibu-ibu peduli yang menawarkan sajadah  yang tersimpan di lemari masjid atau ibu-ibu  baik hati yang saat akantakbiratul ihram bela-belain merotasikan sajadah nya hingga membentang di hadapan saya. Point plus lainnya ibu-ibu itu selalu mengarahkan bagian atas sajadahnya ke arah saya yang artinya bagian kakinya ke arah ibu si empunya. Duh baiknya ibu. Saya jadi terharu dan malu. Moga jadi amal ibadah di bulan Ramadhan nya bu. Aamiin.

Demikianlah, Ramadhan dan taraweh pertama di pulau Jawa. Ternyata syahdunya masih sama, hangatnya ukhuwahpun berasa.

Masjid Al-Hidayah, The Green Valley Ramadhan 1437 H.

Wanna say something?? Tafadhdhol :)

